Rabu, 04 November 2015

Maksud Dan Tujuan Kegiatan Budidaya Bioflock.


MAKSUD KEGIATAN
Kegiatan ini murni pemberdayaan masyarakat dengan maksud meningkatkan sumberdaya manusia dan ekonomi masyarakat yaitu :
-       Memberikan materi penunjang seperti penentuan teknologi budidaya ikan system kolam padat tebar dan sitem bioflock
-       Mendorong peningkatan hasil disektor ekonomi perikanan terutama di sektor budidaya
-       Pemanfaatan tenaga kerja dan penanggulangan pengangguran

TUJUAN
Tujuan utama kegiatan ini adalah melakukan pelatihan untuk meningkatkan  sumberdaya dan produksi disektor perikanan budidaya melalui system kolam padat tebar dan system bioflock.
-       Sebagai dasar pengembangan usaha perikanan yang modern dan terpadu sebagai komoditas penghasil devisa;
-       Dengan adanya pelatihan ini diharapkan sektor perikanan budidaya akan tumbuh dan berkembang dikawasan Sulawesi selatan

SASARAN KEGIATAN
Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para pelaku bisnis budidaya perikanan dan masyarakat Sulawesi Selatan yang masih belum memiliki pekerjaan (Pengangguran) untuk dapat menyokong sektor perikanan budidaya di kawasan sulsel yang memiliki potensi perikanan SDM dan SDA yang belum termanfaatkan dengan baik.






PESERTA PELATIHAN
Peserta pelatihan terbuka untuk umum : perseorangan, berkelompok, lembaga / badan usaha, profesional dan akademisi.
Pendaftaran dan pengambilan Form Registrasi pelatihan dapat dilakukan di Sekretariat Panitia Penyelenggara yaitu di Farm Lele Sangkuriang Makassar yang beralamat di BTN Mangga tiga, Blok A1/ No 27 Daya, Makassar Sul-sel. atau dapat didownload di web kami http://lelesangkuriangmakassar.blogspot.co.id/ . Peserta wajib mengisi formulir registrasi lengkap sebelum pelaksanaan kegiatan pelatihan dimulai.


METODE PELATIHAN
Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendidikan orang dewasa (andragogy) atau disebut juga accelerated learning, berangkat dari pengalaman peserta pelatihan dan juga berangkat dari pengalaman lapangan yang sudah ada (best/good practices maupun kekurangan-kekurangan yang ada agar terjadi proses refleksi bersama dan mencari solusi perbaikan untuk diterapkan di masa yang akan datang). Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang aplikasi beberapa prinsip, alur tahapan dan kegiatan akan digunakan beberapa metode seperti materi presentase dan tanyajawab, brainstorming, demonstrasi, latihan (praktek langsung dilapangan). Instrumen atau alat yang dibutuhkan untuk proses pelatihan telah disiapkan oleh panitia penyelenggara sebelum kegiatan dimulai. Untuk pelatihan dilapangan akan dipandu langsung oleh teknisi dari Farm kami.
Dengan kata lain, metode minimum yang harus diterapkan di dalam pelatihan adalah pelatihan teori dan praktik. Teori praktik dilaksanakan dengan terapan langsung oleh peserta dilapangan sebagai implementasi dari pelatihan yang diberikan.






FASILITAS PENUNJANG
Kelengkapan Kelas
-       Ruang kelas berkapasitas 30 orang (tersedia 4 ruangan kelas)
-       Meja dan kursi untuk peserta dan pelatih.
-       Infocus dan layar (1 unit/kelas).
-       Whiteboard,penghapus, spidol (1 set/kelas).
-       Satu set komputer untuk setiap kelas yang akan digunakan untuk pengetikan notulen harian.

Kelengkapan Pelatihan Lapangan
-       Kolam terpal berukuran dimeter 2 Masing Masing 8 Buah
-       Besi warmers yang sudah bulat berbentuk kolam diameter 2
-       Alat dan bahan pembuatan probiotik bioflock
-       Bibit ikan untuk pelatihan
  Bagi Rekan Rekan Yang ingin Menyelenggarakan kegiatan pelatihan di daerah masing masing,dan ingin berkolaborasi, tim kami siap terjun langsung untuk mengadakan pelatihan tersebut.
kKami adalah lembaga education yang bergerak dalam bidang education khususnya dalam penerapan Teknologi tepat guna di bidang aquaculture.
Cp. 085255510204 atau bisa ke email : hadiantoilham@gmail.com


1 komentar:

  1. Mantap Maksud dan tujuannya pak semoga Masyarakat sulsel lebih gemar makan ikan dan cara budidayanya.

    BalasHapus